DPR RI Tinjau Pendangkalan Sungai Juwana

 

Pati (Jateng) membacabangsa.co.id  - Anggota Komisi V DPR RI Sudewo meninjau langsung kondisi parkir kapal di sekitar pelabuhan Syahbandar Juwana, Sabtu (27/6/2020). Hal itu lantaran sungai disinyalir terjadi pendangkalan, sehingga dapat menganggu aktivitas hilir mudik kapal.

Sudewo mengaku banyak mendapatkan informasi bahwa di kawasan pelabuhan Juwana ini ada masalah yang krusial. Menurutnya itu berjalan sudah cukup lama, tapi belum ada solusi.

“Masalahnya adalah, kapal yang mau bersandar itu mengalami kesulitan. Itu karena sungainya mengalami pendangkalan yang belum tertangani,” katanya.


Hal itu menjadi masalah tersendiri. Sebab, keberadaan kapal di pelabuhan Juwana ini cukup banyak. Sehingga masalah tersebut harus segera ditangani.

Pihaknya juga mendorong Kepala UPP Syahbandar Juwana untuk mengajukan pengerukan sungai kepada Direktorat Jendral Perhubungan Laut. Dengan begitu, pihaknya bisa mengawal usulan tersebut dari pusat.

“Saya akan mengawal supaya usulan itu diakomodir oleh pusat menjadi program pengerukan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dengan adanya pengerukan itu, kapal yang sudah bersandar apabila hendak keluar tidak perlu ditarik menggunakan kapal tarik. Karena, itu bisa mengeluarkan biaya yang tinggi.

“Kalau ada pengerukan, itu akan lebih efisien,” tandasnya.

 (Rls/Kholiq)

Komentar Via Facebook :