DPRD Pati Siap Sampaikan Tuntutan GMBI ke Pusat

Pati (Jateng)  membacabangsa.co.id -  DPRP Pati berjanji akan menyampaikan tuntutan LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Pati ke DPR Pusat.

Langkah itu diambil setelah para wakil rakyat tersebut menerima para demonstran untuk berunding, Senin (29/6/2020).

Ketua DPRD Pati Ali Badruddin mengatakan, apapun yang menjadi usulan GMBI, pihaknya akan menyampaikan ke pusat. Itu akan dilakukan bersamaan dengan audiensi sebelumnya bersama dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama.


“Sebelumnya juga ada audiensi yang sama, yakni penolakan RUU HIP. Kami akan menyampaikan itu ke pusat,” katanya.

Ali menambahkan, pihaknya tidak mengetahui sepenuhnya terkait RUU HIP tersebut. Sebab, itu adalah rancangan dari pusat yang oleh daerah tidak ada turut campurnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Pati Joni Kurnianto. Dia mengaku setidaknya 50 anggota DPRD Pati juga menyatakan sikap sama, yakni menolak RUU HIP. Menurutnya Pancasila itu memang sudah harga mati.

“Kita juga sama, menolak RUU HIP. Tapi kita tidak bisa berjalan sendirian. Apa yang menjadi keluhan rakyat, akan kita sampaikan ke pusat,” tegasnya.

Lebih lanjut, DPRD Pati saat ini memang tidak mengurusi masalah RUU HIP. Karena saat ini pihaknya fokus pada penanganan Covid-19.

“Kita fokus penanganan Covid-19. Karena kalau kita lengah, justru akan sangat berbahaya,” imbuhnya.

Pandangan yang sama juga disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Pati Hardi. Dia mengusulkan agar RUU HIP tersebut tidak perlu lagi dibahas.

“Karena Pancasila adalah lambang negara Indonesia dan NKRI harga mati. Jelas, Pancasila itu kalau dirubah tidak bisa,” tutupnya (Kholiq/RIS)

Komentar Via Facebook :