Indonesia hajar Myanmar 4-2, Garuda lolos ke final

Membacabangsa.co.id-
Indonesia akhirnya lolos ke final SEA Games Filipina setelah melalui pertandingan yang sangat melelahkan melawan Myanmar dengan skor 4-2 di  stadion Rizal Memorial, Filipina, Sabtu (07/12/2019) sore.

Kedua tim memulai laga dengan tempo yang cukup cepat, namun bola masih berkutat dilini tengah karena baik Myanmar ataupun Indonesia belum bisa menembus lini pertahanan lawannya.

Kedua kesebelasan langsung melakukan tekanan sejak menit menit awal agar lawan tak leluasa membangun serangan. The White Angels bermain disiplin setiap kehilangan bola sehingga menyulitkan lawan yang hendak masuk menerobos pertahanan.

Tim asuhan Indra Sjafrie juga tidak mau kalah.Praktis perebutan bola sering terjadi di lini tengah. Tim merah putih mengawali peluangnya pada menit ke-12 melalui sepakan kaki kiri Evan Dimas yang masih dapat ditangkap dengan baik oleh Sann Sat Naing.

Indonesia kembali membuka peluang pada menit ke 18.Peluang itu bermula dari serangan balik dari sayap, Indonesia memiliki peluang melalui sundulan Osvaldo Haay pada menit ke-18. Skor tak berubah, bola masih melebar dari sasaran.

Menit ke-23 peluang lain bagi Indonesia terbuang percuma karena umpan cut back Saddil Ramdani mampu disapu pemain bertahan Myanmar. 

Sebaliknya buat Myanmar sedikit kesulitan menciptakan peluang .Karena pemain-pemain bertahan Tim Garuda cukup sigap mengantisipasi si kulit bundar. Indonesia justru kembali mendapatkan peluang melalui Osvaldo masih mampu diamankan Sat Naing.

Tendangan mantan pemain Persipura Jayapura itu pada menit ke-39 juga masih mampu digapai Sat Naing. Pada pengujung laga sundulan Osvaldo memanfaatkan umpan Saddil juga masih belum mampu mengubah angka di papan skor.

Hingga babak pertama usai, skor 0-0 tidak berubah. Setelah turun minum Indonesia langsung tancap gas. Osvaldo mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol, namun bola sepakannya masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Myanmar.

Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-58. Egy Maulana Vikri merangsek kedalam kotak penalti kemudian melepaskan umpan tarik yang langsung disambar oleh Evan Dimas ke gawang yang sudah kosong.

Myanmar terus mendapatkan tekanan dari Indonesia. Saddil dari sisi kiri melepaskan umpan silang yang kemudian disambut dengan sundulan Egy, namun arahnya masih tepat ke pelukan penjaga gawang Myanmar.

Tim Garuda bisa menambah keunggulan menit ke-71 lewat sundulan Egy Maulana Vikri. Bagas Adi melepaskan umpan tendangan bebas kemudian disambut dengan sundulan Egy yang tak bisa diantisipasi oleh lini pertahanan Myanmar.

Tapi tak lama Mynmar berhasil mencetak dua gol dalam waktu satu menit untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Tak ada pemenang dalam laga 90 menit sehingga harus dilanjutkan dengan babak tambahan. Indonesia langsung melancarkan serangan, tendangan salto Sani Rizki arahnya masih melambung diatas mistar gawang Myanmar.

Indonesia kembali bisa unggul atas Myanmar di babak pertama tambahan waktu melalui sontekan Osvaldo Haay yang memanfaatkan umpan silang Asnawi Bahar. Bola sepakan Osvaldo tak bisa diantisipasi oleh lini pertahanan Myanmar.

Pada babak kedua tambahan waktu, Indonesia mempunyai peluang untuk memperbesar keunggulan, namun tendangan keras Witan dari luar kotak penalti masih bisa diamankan penjaga gawang Myanmar.

Tim asuhan Indra Sjafri berhasil memperbesar keunggulan menjadi 4-2. Sani Rizki dari sisi kanan memberikan umpan tarik pada Evan Dimas yang tak terkawal sehingga dengan mudah menceploskan bola ke gawang Myanmar.

Diakhir laga, wasit memberikan kartu merah pada Aung Naing Win setelah melancarkan tendangan pada Osvaldo Haay yang juga mendapatkan kartu kuning.

Hingga wasit meniup peluit panjang, Indonesia sukses mengalahkan Myanmar dengan skor 4-2 dan berhak tampil di babak final menantang Vietnam atau Kamboja.

Prediksi Susunan Pemain Myanmar (4-4-2)

Sann Sat Naing; Ye Yint Aung, Win Moe Kyaw, Aung Wunna Soe, Ye Min Thu; Hlaing Bo Bo, Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Htet Phyoe Wai; Aung Naing Win, Aung Kaung Mann.

Pelatih: Velizar Popov

Indonesia (4-4-2) Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo Nugroho ; Syahrian Bu Abimanyu, Evan Dimas, Zulfiandi,; Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani.

Pelatih: Indra Sjafri
(Rls/Kholiq)

Komentar Via Facebook :